Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2015

Sekarang Pilot Juga?!

Dulu waktu masih muda, a.k.a masih dibawah umur 25 tahun, saya suka sekali naik pesawat. Sama seperti kesukaan saya pada wahana permainan seperti roller coaster. Walaupun kalau pesawat jalannya kayak roller coaster jelas ngeri juga sih. Setelah umur 25 tahun saya mulai agak males naek pesawat. Tapi dulu lebih karena prosedurnya yang ribet seperti harus ke airport antri ini itu nunggu delay bosen duduk selama perjalanan dsb. Sekarang setelah makin tua alasan saya lebih memilih  pesawat adalah karena saya lebih males naek transportasi lain seperti kereta. 
Tahun 2014 dan 2015 banyak kecelakaan pesawat terjadi. Well, nggak semuanya murni kecelakaan sih. Macam macam penyebabnya. Mulai dari yang hilang seperti ditelan bumi, ada yang ditembak, ada yang dipasangi bom, ada yang karena salah komunikasi, dan yang terakhir gara gara Co-Pilot yang depresi.
Selama tinggal di Jerman saya lebih sering naik pesawat terutama lowcost airlines macam  Germanwings daripada kereta untuk pergi ke berbagai …

Saya pikir saya jenius bahasa...

...ternyata memang hanya ilusi.
Karena saya "terpaksa" harus bicara bahasa Jerman selama tinggal di sini, saya sampai sudah tidak bisa membedakan orang ngomong pakai bahasa apa.
Suatu hari di kereta saya dengar sekelompok orang bicara pakai bahasa "Jerman". Eh kok saya bisa paham apa yang mereka bicarakan. Saya pikir saya sudah dapat "pencerahan" bahasa yang akhirnya membuat saya ngerti bahasa Jerman. Setelah beberapa saat dengan takjub mendengarkan barulah saya sadar, bahwa mereka bicara pakai bahasa Inggris :| Walaupun logatnya nggak biasa, tapi mereka cuma ngomong bahasa Inggris biasa. Pantesan saya mudeng.
Lain waktu saya sempet ngomong sama orang Jerman, karena dia ngomongnya cepet banget saya bilang pake bahasa Inggris aja deh, soalnya saya nggak mudeng-mudeng amat bahasa Jerman. Dia langsung protes bilang "But I'm talking in English!". Baru deh saya ngeh dia memang ngomong pakai bahasa Inggris walaupun dengan logat Jerman. Ya maap de…