Skip to main content

Jauh dari Tanah Air : Catatan 2 Bulan

Suatu hari saya ikut makan malam dengan kolega kampus suami yang berasal dari berbagai negara. Sembari menunggu makanan, kami mengobrol ngalor ngidul. Tentang korupsi, tentang politik, tentang kekacauan di negara mereka masing-masing. Sepanjang obrolan mengenai hal hal tersebut saya dan suami hanya diam mendengarkan, karena well, semua keburukan yang mereka ceritakan terjadi di negara mereka, ada di Indonesia juga. Lebih parah mungkin. Kalau topik topik begini susah ikutan nimbrung tanpa terkesan menjelek jelekan negara sendiri atau menuduh orang dari negara lain drama queen (drama queen = masalah lo gitu doang? lebay lo! kita dong lebih kacau lagi) O_o

Setelah ngalor ngidul cukup lama akhirnya obrolan menyinggung topik yang cukup bersahabat : 

"Saya belum pernah lihat laut", kata Suzzane yang berasal dari Czech Republic atau dalam bahasa Indonesia Republik Ceko. Di Ceko memang tidak ada laut. Di Jerman juga jarang laut. Kalaupun ada adanya laut Baltik di utara. Dingin dan dalam. Kata sepupu yang pernah ke sana, lautnya bahkan bersalju waktu winter. "Negara kamu terkenal lautnya bagus kan? kalau suatu saat saya ke negara kamu, mungkin itu pertama kalinya saya akan lihat laut" Lanjut Suzzane sambil tersenyum kepada saya.

Mendengar hal itu, dengan gembira saya langsung mengeluarkan koleksi foto pantai hasil menjelajah selama 3 tahun yang selalu tersimpan di ponsel saya. Kalau soal pantai, laut, dan sebagainya waktunya nyombong!

"Ini random beaches yang bisa kamu temui di mana saja di Indonesia" kata saya sambil memamerkan foto pantai pantai favorit dengan pasang tampang bangga (Sebenernya sih pantai-pantainya nggak random random amat. Boong boong dikit nggak papa lah ya. Hehehe!). 
Donggala, Sulawesi Tengah, 2011 

Suzzane mengangguk angguk, beberapa orang lain yang ikut nimbrung juga mengangguk angguk. Korupsi sih paling tinggi di dunia, tapi sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia yang menjamin adanya pantai-pantai cantik di hampir semua bagiannya, asik juga koook jadi orang Indonesia :D 

Terkadang kita lupa, dibalik kekacauannya, Indonesia, tidak bisa dipungkiri, merupakan negeri yang indah. Negeri yang mengundang desah iri orang dari negeri lain. Terutama negeri-negeri kelabu yang orang-orangnya sudah cukup senang berjemur di taman kota dengan sinar matahari seadanya, berenang di danau buatan, dan jalan jalan di hutan kering kerontang.

Ternate, Maluku Utara, 2010 

Saya bersyukur, karena sebelum diberi kesempatan untuk menjelajah negeri lain, saya sudah terlebih dahulu menjelajah Indonesia. Sehingga saat muncul obrolan mengenai negara, saya tidak perlu hanya berdiam diri di pojokan merasa malu menjadi orang Indonesia. Saya selalu bisa menunjukkan foto-foto yang saya punya dan obrolan mengenai negara bobrok penuh korupsipun akan berganti menjadi obrolan mengenai negara indah penuh sinar matahari :D 
Mamuju, Sulawesi Barat, 2011

Mataharinya sih sama. Tapi kalau di Indonesia warnanya bisa beda beda :D
(Dari Kiri ke Kanan) Lombok Nusa Tenggara Barat, Talaud Sulawesi Utara, Manado Sulawesi Utara 

Ps : Beberapa foto mungkin ada yang diambil oleh teman perjalanan saya ini :D

Comments